Casminih Tapip

Kepala Sekolah di SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Senang menulis dan terus menulis. Memiliki keluarga kecil, suami dan dua anak lelaki. Keluarga bahagia dun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wisata Imaji                                    (Tantangan Hari Ke-14#Tantangan Gurusiana)

Wisata Imaji (Tantangan Hari Ke-14#Tantangan Gurusiana)

Pernahkah Anda mengikuti rombongan yang akan mendatangi kajian Mamah Dede yang ditayangkan salah satu stasiun televisi? Atau, Anda pernah menjadi peserta ziarah ke makam Wali Songo yang diselenggarakan oleh ketua majelis ta'lim di kampung Anda? Bila demikian halnya, masyarakat bahasa menyebutnya sebagai 'wisata religi'. Tentu saja ada hal yang ingin dikejar dari wisata religi tersebut. Menguatkan keimanan kita adalah salah satu yang menjadi titik bidik mengapa kita melakukan wisata religi tersebut.

Wisata religi sudah dikenal dan sudah banyak yang merasakan atau melaksanakannya. Beragam biaya yang dibutuhkan untuk menunaikan wisata pembasuh hati itu. Mengunjungi tempat kajian ilmu yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki, tentunya tak akan merogoh kantong kita terlalu dalam. Akan tetapi apabila kita menginginkan wisata dengan tujuan mendekatkan diri kepada Maha Pencipta tersebut hingga lintas negara, tentu saja harus dengan persiapan budget yang fantastis.

Selain wisata religi ada juga wisata-wisata lainnya. Misalnya, wisata berkarya atau karya wisata yang memadukan berwisata sekaligus menghasilkan karya. Karya wisata juga sudah lumrah dikenal masyarakat terutama masyarakat pendidikan atau komunitas intelektual. Ada satu wisata lagi yang mungkin saja belum setenar wisata-wisata yang sudah terurai di atas. Jenis wisata tersebut yaitu wisata Imaji.

Sebenarnya wisata ini sudah ada yang melaksanakan sedari dulu. Hanya saja, perkembangan peminat wisata jenis ini tidak sedahsyat peminat jenis wisata yang lain. Meskipun demikian, peminat wisata imaji tidak pernah musnah, bahkan jumlahnya bertambah meskipun berjalan sangat lambat.

Apakah 'Wisata Imaji'? Terlebih dahulu kita telusuri makna kata yang membangun. 'Wisata' berarti kegiatan perjalanan atau aktivitas yang dapat menenangkan hati atau pikiran serta menyegarkan otak. "Imaji' atau imajinasi berarti sesuatu yang dibayangkan dan berproses di pikiran. Dengan demikian, Wisata Imaji berarti suatu aktivitas yang menenangkan hati dan menyegarkan otak melalui hal yang dibayangkan berupa kreativitas.

Berdasarkan uraian di atas, penulis artikel saat menulis artikel ini berarti sedang melakukan aktivitas 'Wisata Imaji'. Penulis melakukan pengembaraan pikiran atau menghadirkan hal yang dibayangkan. Hasil dari aktivitas tersebut mewujud menjadi gagasan yang terurai berbentuk paragraf dan kalimat. Gagasan yang berupa hasil pemikiran tersebut dipersiapkan untuk dibagikan kepada orang lain. Perihal berbagi inilah yang akhirnya berimbas kepada rasa menenangkan hati.

Selain itu, apabila hal yang kita pikirkan atau kita bayangkan berupa suatu jawaban dari permasalahan yang meresahkan masyarakat, hal itu merupakan suatu kepuasan tersendiri. Ibarat sebuah lemari, banyak sesuatu tersimpan dalam pikiran dan imajinasi kita. Ungkapkan yang tersimpan itu dalam bahasa tulis, maka saat itu Anda baru saja terlahr sebagai seorang penulis.

Mari kita berwisata imaji. Wisata imaji akan menghasilkan sebongkah gagasan yang akan dibaca dan dicermati oleh kaum literat. Wisata imaji juga akan berkontribusi nyata dalam dunia kepenulisan untuk melahirkan para pejuang literasi. Kaum literat dan pejuang literasi inilah yang akan membawa kemajuan peradaban suatu bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ada saya hehe

13 Feb
Balas



search

New Post