Casminih Tapip

Kepala Sekolah di SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Senang menulis dan terus menulis. Memiliki keluarga kecil, suami dan dua anak lelaki. Keluarga bahagia dun...

Selengkapnya
Navigasi Web
SMAN 1 Sukaresmi Berkenalan dengan AKM (Tantangan Hari Ke-27#Tantangan Gurusiana)

SMAN 1 Sukaresmi Berkenalan dengan AKM (Tantangan Hari Ke-27#Tantangan Gurusiana)

Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, akan meniadakan Ujian Nasional pada Taun 2021. Peniadaan/penghapusan tersebut bukan hanya sebuah penghapusan saja, melainkan sudah menyiapkan penggantinya. Mendikbud telah menyiapkan pengganti UN tersebut dengan konsep Asesmen Kompetensi minimal (AKM) dan survei karakter.

Penghapusan UN ini bukannya tidak beralasan. Menurut Mas menteri, Ujian Nasional tersebut dinilai sangat kompleks. Maka dari itu, dicarinya pengganti yang menuju kepada penyederhanaan. Ditemukanlah konsep asesmen yang dapat mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan peserta didik. Dalam Asesmen Kompetensi Minimal, materi yang dinilai adalah literasi dan mumerasi.

Apakah 'Literasi' dan 'Numerasi' termaksud di atas? Menurut Mas Menteri, literasi itu bukan hanya kemampuan membaca. Literasi adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan. Kemampuan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan 'numeresi' masih menurut Mas Menteri, adalah kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka. Ditegaskan oleh Mas Menteri bahwa pengganti ujian nasoinal itu bukan lagi berdasarkan mata pelajaran.

Asesmen Kompetensi Minimal, sekarang ini sedang tenar/viral. Ketenarannya bahkan mampu mengalahkan kiprah film 'Milea'. Hal itulah yang mampu menggugah keingintahuan atau rasa penasaran para peserta didik dan para pendidik. Mereka ingin mengetahui apa dan bagaimana Asesmen Kompetensi Minimal itu. Jenis soalnya seperti apa, konten dan materinya apa dan bagaimana, adalah hal yang kuat muncul ke permukaan. Pemerintah pun tanggap akan hal ini. Maka disusunlah jadwal pengenalan AKM untuk para siswa dan guru secara nasional.

Berdasarkan uraian di atas, SMAN 1 Sukaresmi menyelenggarakan pengenalan AKM sesuai jadwal tersebut. Hari Selasa tanggal 25 Februari 2020, para peserta didik dikenalkan dengan soal-soal AKM. Hari ini, Rabu, 26 Februari 2020, giliran para guru yang dikenalkan kepada soal-soal AKM. Kami, para guru dijadwalkan menjadi tiga sesi dalam pengenalan AKM tersebut.

Suasana gaduh mengawali kegiatan ini. Hal itu harap menjadi maklum karena kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan. Pengerjaan soal diawali dahulu dengan 'Login". Setelah itu baru kami dapat melihat soal-soal yang harus kami jawab/selesaikan. Soal-soal terbagi ke dalam dua paket. Masing-masing paket disediakan waktu selama 30 menit. Kami mengerjakan soal-soal menghabiskan waktu 60 menit. Jumlah soal tiap paket sangat beragam, 10 hingga 15 soal. Soal-soal yang kami kerjakan juga berbeda.

Kualitas soal yang ditujukan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi, sudah sangat baik. Penyelesai soal diajak untuk berpikir luas dan mendalam. Disediakan juga jawaban isian sebagai pertanggungjawaban atas opsi jawaban yang dipilih. Materi dan konten soal, memang benar adanya, berupa kompetensi literasi dan numerasi, serta karakter.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post