Casminih Tapip

Kepala Sekolah di SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Senang menulis dan terus menulis. Memiliki keluarga kecil, suami dan dua anak lelaki. Keluarga bahagia dun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Paduan Suara Laksana Kehidupan    (Tantangan Hari ke-11#Tantangan Gurusiana)

Paduan Suara Laksana Kehidupan (Tantangan Hari ke-11#Tantangan Gurusiana)

"Kalau tidak ada Si A, apa jadinya ya kelangsungan lembaga kita ini". "Si B, kok hobinya berbeda dengan saya. Sepertinya itu hobi yang aneh". "Tugas luar itu, delegasikan ke Si C ya. Dia sangat dekat dengan saya jadi saya paham betul sifatnya". Pernahkah kita mendengar kalimat-kalimat seperti itu? Sangat disayangkan bila pendapat seperti itu bergulir di sekitar kita. Pemikiran seperti itulah yang memicu dan memacu berkembangnya ketidakharmonisan dalam komunitas.

Keharmonisan sangat diperlukan kehadirannya dalam kehidupan. Ragam permasalahan sebagai angin yang selalu bertiup kencang, siap memporak-porandakan kehidupan manusia. Apabila kita lengah dan tidak punya kiat dan cara mengatasi permasalahan tersebut, maka bersiaplah kehidupan Anda akan cedera. Keharmonisan antarunsur seharusnya dijadikan kiat yang dibutuhkan untuk menguatkan pondasi menuju kehidupan yang lebih baik.

Memberikan apresiasi dan menganggap penting kehadiran semua unsur sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa menghipnotis adalah hal yang dianut oleh tim Paduan Suara. Pemusik, dirigen, penyanyi yang sudah diberi tugas dengan jenis suara, tidak ada yang lebih penting. Seluruh unsur itu merupakan sesuatu yang 'penting' menuju hasil suara yang berkualitas. Maka dari itu, harmonisasi hendaknya yang diutamakan untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

Menjalin kehidupan yang lebih baik, cobalah berkiblat kepada cara kerja paduan suara. Tidak ada yang merasa lebih penting, tidak ada penilaian tidak penting terhadap unsur lain, semua unsur sangat dibutuhkan kehadirannya. Apabila muncul unsur yang menonjolkan diri, maka akan muncul ketidakharmonisan. Bila hal itu terjadi, jangan pernah akan menghasilkan lagu yang memesona pendengar.

Gambar di atas adalah tim Paduan Suara SMAN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Tampilan mereka terlihat sama, padahal perbedaan tugas yang diarahkan menuju harmonisasi adalah hal yang sangat mereka jaga. Saling menghargai keberfungsian masing-masing selalu dijunjung tinggi. Dari merekalah penulis menghasilkan inspirasi akan kehidupan yang harmonis.

Jadi, menuju kepada kehidupan yang harmonis, kita bisa belajar dari paduan suara. Bahu membahu menuju hasil yang diharapkan menjadi titik bidik. Mengganggap berharga semua unsur pembangun selalu diterapkan dalam proses kerja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keran....

10 Feb
Balas

keran....

10 Feb
Balas



search

New Post