Casminih Tapip

Kepala Sekolah di SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Senang menulis dan terus menulis. Memiliki keluarga kecil, suami dan dua anak lelaki. Keluarga bahagia dun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gladi Bersih UNBK SMAN 1 Sukaresmi (Tantangan Hari ke-25#Tantangan gurusiana)

Gladi Bersih UNBK SMAN 1 Sukaresmi (Tantangan Hari ke-25#Tantangan gurusiana)

Sering bukan kita mendengar 'gladi bersih'? Gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan acara/kegiatan sesungguhnya. Segala sesuatu tentang acara itu dipersiapkan semirip mungkin. Tujuannya agar pelaksanaan acara tidak lagi dianggap atau dirasakan asing oleh peserta acara/kegiatan tersebut.

Selanjutnya, mari kita tinjau judul artikel ini yaitu "Gladi Bersih UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)". Berdasarkan uraian paragraf di atas, Gladi Bersih UNBK, berarti pelatihan terakhir menjelang UNBK yang sesungguhnya. Hal yang berkaitan dengan gladi bersih UNBK itulah yang dilakukan oleh Civitas Akademika SMAN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur.

Hari ini, Senin tanggal 24 Februari 2020, SMAN 1 Sukaresmi yang beralamat di Jalan Mariwati Km. 4 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, melaksanakan gladi bersih UNBK. Gladi bersih diikuti oleh 420 siswa kelas XII. Mereka terbagi ke dalam tiga konsentrasi jurusan, yakni Konsentrasi Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jumlah kelas bahasa sebanyak satu kelas, IPA dengan jumlah paling banyak, 7 kelas, dan IPS sejumlah 4 kelas.

Laboratorium Komputer yang dimiliki SMAN 1 Sukaresmi sebanyak 4 ruangan. Seluruh ruang laboratorium komputer digunakan sebagai tempat diselenggarakannya gladi bersih UNBK. Kegiatan gladi bersih ini dipersiapkan dan didampingi oleh proktor dan teknisi. Empat orang proktor (pengendali server dan kegiatan) dan empat orang teknisi (mempersiapkan hardware dan software) yang diperlukan pada kegiatan UNBK.

Beberapa guru juga dilibatkan pada kegiatan ini. Kaur Kurikulum beserta staf sebagai perencana kegiatan dan beberapa orang guru sebagai pengawas yang dilibatkan untuk menangani aktivitas gladi. Sebelumnya, seluruh pengajar kelas XII juga bahu-membahu membantu dan membimbing para peserta didik menuju pada UNBK. Staf pengajar sejumlah mata pelajaran di kelas XII semua jurusan, telah membimbing siswa asuhannya agar siswa tak menemui kesulitan atau rintangan yang berarti dalam menghadapi UNBK.

Jadwal gladi bersih UNBK dibagi ke dalam tiga sesi perhari. Hal itu mengingat, jumlah laboratorium komputer yang dimiliki sekolah tidak sebanding dengan jumlah peserta didik. Jumlah kelas XII sebanyak 12 kelas, sementara jumlah laboratorium komputer yang dimiliki sekolah hanya 4 ruangan. Ketidaksesuaian antara jumlah laboratorium komputer yang dimiliki sekolah dan jumlah peserta didik yang tidak berimbang inilah, akhirnya melahirkan keputusan untuk dijadwalkan tiga sesi perhari. Prinsip kami, seluruh siswa bisa terlayani dengan baik dan bisa menyesuaikan dengan keberadaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

semoga sukses UNBK nya Bu!

24 Feb
Balas



search

New Post